Great Expectations (1998). Photo credit: Mesh The Movie Freak

Great Expectations (1998). Photo credit: Mesh The Movie Freak

Ada yang sudah nonton Great Expectations-nya Ethan Hawke sama Gwyneth Paltrow? Bukan film baru sih. Ini modern retelling novella-nya Charles Dickens yang rilis di tahun 1998. Saya sendiri belum baca bukunya sampai kelar, baru satu bab dan itu pun waktu zaman kuliah. Tapi gara-gara nostalgia nonton video klip Wishful Thinking (OST. Great Expectations) saya jadi tergerak buat nonton filmnya.

Jadi, Great Expectations versi 1998 ini dibuka dengan adegan Finn, bocah lelaki kurang mampu yang ‘dengan terpaksa’ menyelamatkan seorang buronan berbahaya dari kejaran polisi. Beberapa lama kemudian, Finn diminta untuk datang ke mansion Miss Dinsmoor, seorang wanita kaya nan eksentrik di daerahnya. Miss Dinsmoor mengalami gangguan mental setelah ditinggalkan calon suaminya di altar. Miss Dinsmoor punya keponakan bernama Estella. Bocah cantik ini punya sifat flirty sekaligus dingin, bikin Finn jatuh cinta pada pandangan pertama (Ide adegan first kiss-nya lumayan juga). Finn lalu rutin dipanggil ke mansion untuk menghibur Dinsmoor dan menemani Estella bermain.

Finn dan Estella - Great Expectations (1998). Photo credit: Great Adaptations

Finn dan Estella – Great Expectations (1998). Photo credit: We Heart It

Finn dan Estella - Great Expectations (1998). Photo credit: Great Adaptations

Finn dan Estella – Great Expectations (1998). Photo credit: Great Adaptations

Singkat kata, Finn menghabiskan masa mudanya dengan di-PHP Estella. Sampai Estella pergi ke luar negeri tanpa pamit dan Finn memutuskan move on. Belum 100 persen sukses move on, Finn malah ketemu lagi dengan Estella. Sambil mewujudkan ambisi lamanya untuk menjadi pelukis terkenal, Finn kembali terombang-ambing oleh sikap misterius Estella.

Sebagai orang yang belum pernah baca bukunya saya berekspektasi lumayan besar terhadap film ini. Kayaknya saya bisa menikmati film ini tanpa berharap kelewat banyak. Tapi ternyata nggak juga. Menurut saya film ini punya dasar cerita yang potensial, dengan karakter-karakter yang ‘seharusnya’ kuat dan aktor-aktris yang bagus pula (Hawke masih unyu di sini). Tapi saya merasa seperti sedang membaca novel panjang dan bagus yang disingkat jadi cerpen (atau malah flash fiction), lalu keehilangan seluruh esensinya. Pergerakan alurnya terlalu cepat, kebanyakan flash forward. Saya ingin melihat jatuh bangunnya Finn dalam upayanya untuk move on dari Estella. Saya ingin tahu pergolakan batin Estella setiap kali dia harus membunuh perasaannya kepada Finn. Bagaimana sesungguhnya pandangan Estella yang dididik untuk membenci pria sejak kecil terhadap cinta? Seperti apa Miss Dinsmoor memanipulasi dua anak muda yang saling jatuh cinta ini? Menyesalkah dia sudah menghancurkan kehidupan Finn dan Estella?

Miss Dinsmore dan Finn. Photo credit: Cinema Sips

Miss Dinsmoor dan Finn. Photo credit: Cinema Sips

Saya sudah tahu jawaban semua pertanyaan itu, tapi saya tidak bisa melihatnya dalam film. Itulah yang bikin saya mangkel. Film ini tidak mengizinkan semua tokohnya menunjukkan ‘kedalaman’ masing-masing. Lebih mangkel lagi karena sebenarnya akting Ethan Hawke, Gwyneth Paltrow, dan di sini bagus. Apalagi karakter Robert DeNiro yang seharusnya menjadi kunci plot twist di akhir cerita, malah seperti tokoh figuran sekadar lewat yang nggak berkontribusi apa-apa. Pokoknya film ini serba nanggung.

Setelah nonton ini saya jadi penasaran apa ada film adaptasi Great Expectation yang bagus. Dengar-dengar remake-nya yang rilis di tahun 2012 dan lebih ‘patuh’ terhadap cerita orisinal juga nggak terlalu bagus. Kalau memang nggak ada, ya sayang sekali.

Advertisements

About tantri06

29 years old rain lover, omnireader, and daydreamer. Still trying to improve my bad writing skill and poor english.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s