Photo by ac-zzz.blogspot.com

Photo by ac-zzz.blogspot.com

Judul: Pertarungan Jiwa Billy (24 Wajah Billy #2)
Judul asli: Billy Milligan Wars (The Minds of Billy Milligan #2)
Penulis: Daniel Keyes
Bahasa: Indonesia
Format: paperback
Penerbit:  Qanita
Genre: non-fiksi, psikologi

Cerita

Pertarungan Jiwa Billy menceritakan tentang ketidakstabilan jiwa Billy sejak ia dipindahkan ke Lima State Hospital. 24 Jiwanya yang sudah sempat terfusi (bergabung menjadi satu sosok stabil bernama Sang Guru) kembali terpecah dan bergantian menguasai ‘tempat utama’ (menguasai tubuh Billy, si kepribadian pertama) dan menimbulkan berbagai kekacauan.

Hingga akhirnya Ragen dan kepribadian lain memutuskan untuk kabur dari perawatan demi kelangsungan ‘hidup’ mereka semua.

Level of Interest

My Review

Photo by Goodreads

Pertama, aku heran kenapa di Goodreads buku ini dijadikan other edition untuk 24 Wajah Billy, padahal buku ini seharusnya adalah sekuel dari buku itu. Dengar-dengar buku ini memang tidak diterbitkan di AS dan Eropa seperti 24 Wajah Billy. Penerbitannya cuma di Jepang dan kawasan Asia lainnya.

Aku sendiri belum pernah baca 24 Wajah Billy sampai tuntas. Tetapi sekilas prolog dari Daniel Keyes, si penulis yang memang mendapat izin khusus dari Milligan untuk menuliskan kisahnya sudah cukup memadai sebagai bekal untuk memahami inti dari buku pertama.

Di sini konflik yang paling menonjol adalah intrik di dalam institusi kesehatan tempat Billy dirawat, dan usaha kepribadian-kepribadian Billy untuk menyelamatkan keberadaan mereka semua (karena bobroknya sistem menciptakan suasana yang sangat tidak kondusif bagi seluruh jiwa Billy).

Karena ini merupakan buku non-fiksi, yang ditulis bukan dari POV Billy sendiri, wajar kalau kurang terasa emosi dan thriller-nya (mungkin itu yang diharapkan pembaca dengan tema multiple personality disorder). Tetapi karena apapun yang judulnya abnormal psychology selalu menarik bagiku, aku sama seklai tidak keberatan dengan pergerakan cerita yang lambat dan cenderung datar. Meskipun harus diakui aku skip satu atau dua halaman  dalam setiap bab.

Sekilas tentang Billy Milligan

Photo by www.kaskus.co.idWilliam Stanley Milligan alias Billy Milligan adalah tersangka beberapa tindak kriminalitas di tahun 70-an yang sempat menghebohkan publik Amerika Serikat. Pada dekade tersebut, Billy menjadi terdakwa pertama yang bebas dari hukuman kurungan karena diagnosis MPD. Billy mengklaim pelaku pencurian, penyerangan, dan pemerkosaan yang dituduhkan kepdanya bukanlah dirinya, tetapi kepribadian-kepribadian lain yang hidup dalam dirinya.

Setelah serangkaian tes, diketahui kalau dalam diri Billy hidup 24 kepribadian. Sepuluh karakter telah mendapat izin Ragen dan Arthur, dua kepibadian paling dominan dalam diri Billy untuk bergantian menguasai ‘tempat utama’ (meguasai tubuh Billy dan berinteraksi dengan dunia luar). Kepribadian-kepribadian ini saling berbagi kesadaran:

1. Billy Milligan, kepribadian inti namun tidak mendominasi. Saat kecil Billy sering disiksa oleh ayah tirinya, Chalmer Milligan. Kepribadian-kepribadian lain dalam dirinya muncul sebagai bentuk mekanisme pertahanan karena Billy sendiri merasa terlalu lemah (secara psikis dan fisik) untuk menghadapi siksaan ayahnya.
2. Arthur, orang Inggris yang ahli dalam ilmu pengetahuan dan kedokteran, dengan fokus pada hematologi. Menguasai tempat utama saat menghadapi situasi yang memerlukan pemikiran intelektual.
3. Ragen Vadascovinich adalah ‘penjaga kebencian’. Namanya berasal dari kata ‘Rage Again’ yang berarti ‘marah lagi’. Ragen adalah orang Yugoslavia beraksen Slavia, dapat menulis dan berbicara dalam Serbo-Kroasia. Menguasai tempat utama pada saat-saat berbahaya. Mengaku sebagai pelaku perampokan yang dituduhkan kepada Billy untuk menghidupi seluruh kepribadian.
4. Allen, seorang penipu dan manipulator. Paling sering menguasai tempat utama karena mudah berkomunikasi. Ia kidal, suka merokok, serta hobi memainkan drum dan melukis potret.
5. Tommy, escape artist (ahli sulap meloloskan diri seperti Houdini). Hobi memainkan saksofon tenor, melukis pemandangan, dan ahli elektronik.
6. Danny, takut bertemu orang, terutama laki-laki. Hobi melukis objek-objek yang masih hidup karena trauma ayah tirinya menyuruh dia menggali kuburnya sendiri.
7. David, 8 tahun, penanggung rasa sakit. Menguasai tempat utama ketika tubuh Billy mengalami kesakitan.
8. Christene, 3 tahun, selalu berdiri di sudut ketika Billy dibully di sekolah. Disleksia tetapi sudah diajari membaca oleh Arthur. Sangat disayang oleh Ragen.
9. Christopher, saudara Christene, hobi memainkan harmonika.
10. Adalana, lesbian, mengaku melakukan pemerkosaan kepada tiga wanita tanpa sepengetahuan Milligan dan kepribadian lainnya.

Beberapa kepribdian Billy yang dilukis oleh salah satu karakter Photo by emersonthoreau.com

Beberapa kepribadian Billy yang dilukis oleh salah satu karakter
Photo by emersonthoreau.com

Kepribadian-kepribadian ini dianggap tidak stabil dan dilarang menduduki tempat utama karena melanggar peraturan yang ditetapkan oleh Arthur dan Ragen. Mereka adalah:

1. Phil, preman yang melakukan beberapa kejahatan waktu kecil. Memiliki aksen Brooklyn. Dilarang menguasai tempat utama karena berjiwa kriminal.
2. Kevin, perencana kejahatan yang membantu merancang rencana untuk perampokan toko obat.
3. Walter, orang Australia. Memiliki bakat berburu dan melacak.
4. April, mendendam pada ayah tiri Billy. Dilarang menduduki tempat utama karena memanipulasi Ragen untuk membunuh ayah Billy (tetapi berhasil dihentikan Arthur).
5. Samuel, orang Yahudi dan satu-satunya yang bukan atheis.
6. Mark kebagian peran melakukan pekerjaan-pekerjaan berat. Tidak pernah bicara atau melakukan apapun jika tidak diminta.
7. Steve, penipu yang suka membuat lelucon berbahaya. Tidak mengakui kalau dia adalah penderita MPD.
8. Lee, suka iseng dan membuat lelucon tanpa memikirkan konsekuensinya bagi kepribadian yang lain.
9. Jason, tugasnya melampiaskan ketegangan dalam diri Billy. Tetapi sering lepas kontrol hingga dianggap tidak stabil.
10. Bobby, pemimpi besar yang tidak punya ambisi.
11. Shawn, 4 tahun, tuli, membuat suara mendengung untuk merasakan getaran di kepalanya. Dilarang menempati tempat utama karena dianggap tidak berguna.
12. Martin, orang New York. Ingin mendapatkan segala hal tanpa perlu berusaha.
13. Timothy, bekerja di toko bunga. Menyembunyikan diri sejak bertemu dengan seorang pria gay yang main mata dengannya.

Semua kepribadian yang ada dalam diri Billy benar-benar memiliki keahlian dan ciri-ciri yang disebutkan dalam deskripsi. Arthur yang paling cerdas, misalnya, benar-benar menguasai berbagai bidang ilmu yang mendadak hilang jika karakter lain yang menduduki tempat utama. Tommy benar-benar bisa meloloskan diri dari rantai dan borgol, sementara Ragen yang dideskripsikan bertubuh kekar benar-benar bisa mematahkan meja dan menghajar orang meskipun dengan tubuh Billy yang tidak terlalu besar.

Sang Guru, si penyeimbang 24 kepribadian

Dalam buku diceritakan kalau 24 jiwa dalam diri Billy sempat menyatu dan melahirkan kepribadian baru bernama Sang Guru, yang berperan sebagai penyeimbang bagi seluruh kepribadian.

Konsep serupa juga muncul dalam manga The Other Marionette yang lebih dulu aku baca daripada buku ini. Dan saat itu aku berpikir kalau fusi yang melahirkan kepribadian baru itu tidak mungkin. Tapi ternyata kasus Billy Milligan menunjukkan bahwa hal itu memang masuk akal.

Sybil, wanita dengan 16 kepribadian

Photo by Wikipedia

Sekadar informasi, sebelum kasus Billy Milligan muncul, AS sudah sempat heboh dengan kasus Shirley Ardell Mason, wanita yang mengaku memiliki 16 kepribadian. Kisah Shirley ini sempat dibukukan dengan judul Sybil: The True and Extraordinary Story of a Woman Possessed By Sixteen Separate Personalities di mana identitasnya disamarkan menjadi Sybil Isabel Dorset.

Advertisements

About tantri06

29 years old rain lover, omnireader, and daydreamer. Still trying to improve my bad writing skill and poor english.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s