angelfall

Judul: Angelfall (Penryn & The End of Days #1)
Penulis: Susan Ee
Format: ebook, 255 hal.
Bahasa: Inggris
Penerbit: Feral Dream (2011)
Genre: young adults, dystopia, fantasi

Cerita

Enam minggu setelah para malaikat menghancurkan peradaban, hanya segelintir manusia yang berhasil selamat. Putus asa dan kelaparan, mereka rela melakukan apa saja untuk bertahan hidup. Kota-kota yang kini mati dikuasai geng-geng jalanan. Tapi begitu matahari terbenam, semua orang bersembunyi dari teror makhluk misterius yang mengancam nyawa mereka.
Penryn beserta ibu dan adiknya, Paige mencoba menemukan tempat persembunyian di tengah kota. Kemudian tanpa sengaja mereka menyaksikan pertarungan antara beberapa malaikat. Pertarungan itu berakhir setelah salah satu malaikat jatuh, dengan luka-luka mematikan dan sayap terpotong dari punggungnya. Sementara malaikat yang lain menculik adik Penryn dan membawanya pergi.

Demi menyelamatkan Paige, Penryn harus bersekutu dengan musuhnya, Raffe, si malaikat tanpa sayap. Demi tujuan masing-masing, berdua mereka menempuh berbagai macam bahaya untuk mencapai sarang para malaikat.

Para Tokoh

Penryn Young
Gadis remaja berusia tujuh belas tahun yang terpaksa dewasa sebelum waktunya karena harus merawat adiknya yang lumpuh dan ibunya menderita schizophrenia. Penryn adalah gadis yang cerdik, pemberani, dan mahir dalam ilmu bela diri.

Raffe
Malaikat pejuang yang kehilangan sayap setelah berseteru dengan malaikat lainnya. Raffe selalu bersikap misterius, tapi karena alasan tertentu ia bersedia membantu Penryn mencapai sarang para malaikat.

3 points for:

check signGood Story/Idea

check signGood writing style

check signWell-developed characters

cross signAdditional information/message

Level of Interest

heart rate42

Berawal dari:

angelfall1

lalu:

angelfall2Beberapa orang menyebut Angelfall sebagai fiksi bertema angel terbaik. Aku tidak yakin soal itu, tapi memang benar buku ini jauh lebih well written dan menghibur daripada serial Hush-Hush yang memiliki tema sejenis. Angelfall terasa berbeda karena unsur dystopia, action, dan thrillernya lebih kuat daripada elemen fantasinya.

angelfall3

Di sini kedua tokoh utamanya, Penryn dan Raffe selalu berpindah tempat. Jadi sepanjang perjalanan mereka bukan hanya membangun chemistry, tapi juga menghadapi berbagai rintangan yang nyata dan bertemu banyak tokoh lain (misalnya Obadiah West si militan dan Dee-Dum si kembar mata-mata). Dari segi gore menurutku novel ini lebih berani daripada The Hunger Games dan Unwind karena kematian dalam cerita digambarkan dengan cukup eksplisit (meskipun memang tidak diceritakan prosesnya).

Thriller-nya memang ada tapi tidak cukup mengena.

Unsur romance-nya aku suka, karena tidak banyak sentuhan jadi makin membuat penasaran. Chemistry-nya terasa dan tidak menyebalkan, karena Penryn bukan jenis yang suka hilang akal waktu jatuh cinta, dan Raffe, meskipun arogan tapi masih dalam taraf wajar dan memang tipe arrogant bad boy yang katanya swoon worthy itu.

Susan Ee cukup cerdik menarik mood pembaca dengan caranya menyampaikan cerita. Bab-bab awal disajikan dengan action dan misteri, menjadikan pembaca bersemangat untuk terus mengikuti perkembangan cerita. Sampai di tengah-tengah cerita mulai terasa membosankan dan sedikit mengecewakan. Tapi selalu ada unsur kejutan yang mencegah pembaca menjadi benar-benar jenuh dan meletakkan buku.

Intinya, buku ini seru dan sekuelnya masih sangat layak ditunggu. Menurutku ini juga jauh lebih bagus daripada Mortal Instruments yang juga menyisipkan kisah nephilim.

Inside The Story

Salah satu hal yang menjadikan Angelfall banyak kejutan bagiku adalah karena aku tidak terlalu familiar dengan mitos-mitos tentang malaikat. Setelah cari tahu ke mana-mana baru akhirnya aku bisa memahami. Karena itu di sini sengaja aku tuliskan beberapa hal tentang winged creatures tersebut, terutama yang dipakai dalam buku ini.

The Angels

Makhluk abadi yang menjadi suruhan Tuhan. Dalam budaya populer sosok malaikat selalu digambarkan sebagai manusia bersosok rupawan dengan sayap burung berwarna putih di punggung. Begitu juga dalam cerita ini. Hanya saja jika malaikat biasanya digambarkan tak bernafsu dan merupakan makhluk yang cinta damai, maka dalam Angelfall malaikat adalah ras yang penuh kekerasan dan hawa nafsu, bahkan kadang sengaja melanggar peraturan demi kesenangan. Masing-masing malaikat digambarkan memiliki sosok dan warna sayap yang berlainan. Masing-masing memiliki pedang khusus yang tidak bisa digunakan oleh orang lain tanpa seizin pedang itu sendiri (seperti palu mjolnir Thor yang menjadi sangat berat jika diangkat oleh orang yang bukan pemiliknya).

The Archangels

Archangel adalah malaikat tertinggi dalam berbagai kepercayaan dan mitologi. Masing-masing mitologi memiliki malaikat tertinggi yang berlainan, kadang berjumlah tiga, empat, tujuh, bahkan ada yang sepuluh. Dalam buku ini yang disebutkan adalah Gabriel (The Messenger of God), Michael, Raphael, dan Uriel. Dalam dunia Penryn, Gabriel diceritakan mati (atau lebih tepatnya menghilang setelah dibunuh manusia). Sejak itu muncul konflik politik untuk memilih the next messenger dalam ras malaikat. Kalau di Indonesia barangkali seperti konflik pra-pemilu, tapi capresnya adalah Archangels Michael, Raphael, dan Uriel 😀

Aerie

Secara harfiah berarti sarang rajawali. Tapi di cerita-cerita tentang malaikat tampaknya aerie adalah semacam markas atau pusat komando ras malaikat.

Advertisements

About tantri06

29 years old rain lover, omnireader, and daydreamer. Still trying to improve my bad writing skill and poor english.

5 responses »

  1. Hoo, angels disini berarti the bad guys ya? hm..boleh juga 🙂

  2. Aku lagi baca buku keduanya, World After 😀
    Angelfall ini menurutku unik soalnya ada sisi gore-nya itu (hiiii kanibal), apocalypse, romance, humor sarkasmenya (antara Penryn-Raffe) juga asik banget. Desikripsi Susan Ee tentang para angels juga unik ya, ada malaikat yg sayapnya putih kayak salju, ada yg warna biru, ada yg motif ala animal prints lah :)) Selain Angelfall ini, cuma Daughter of Smoke&Bone aja buku yg ngandung unsur malaikat yg aku suka :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s