psychg1

Slave To Sensation-Terjerat Hasrat
Penulis: Nalini Singh
Penerbit: Berkley Sensation (AS), Dastan Books (Indonesia)
Tahun Penerbitan: 2006 (AS), 2012 (Indonesia)
Genre: Adult, paranormal romance, sci-fi

Cerita

Sascha terlahir sebagai seorang Psy, dan itu berarti ia tidak boleh memiliki emosi atau akan dianggap cacat dan mentalnya dinonaktifkan. Selama ini Sascha berhasil memendam rahasia tentang kecacatan mentalnya. Tapi sejak bertemu Lucas, alfa changeling DarkRiver yang mempesona sekaligus berbahaya, kerusakannya makin parah dan kentara. Sementara itu, Lucas mencoba mengorek informasi dari Sascha untuk melacak jejak Psy yang membantai para wanita changeling belakangan ini. Namun saat berdekatan dengan Sascha, Lucas merasakan kalau Psy yang satu itu berbeda dan mulai terpikat padanya. Keadaan menjadi semakin rumit ketika Sascha mulai merasakan benak si pembunuh dan beberapa anggota Dewan tampak curiga kepadanya.

Para Tokoh

Sascha Duncan
Seorang kardinal Psy dengan kemampuan mental tinggi yang dipercaya mengurus kesepakatan bisnis dengan kaum changeling. Psy yang memiliki darah Jepang-Indian ini menganggap kepekaannya terhadap emosi sebagai kecacatan, sehingga menyembunyikan bakat E-Psy (E: Empath, peka dan mampu meredakan emosi orang lain)-nya di balik perisai mental yang sangat tebal.

Lucas Hunter
Mempunyai sedikit darah Psy dan masa lalu yang suram, merupakan changeling macan kumbang yang sangat kuat dan cerdas. Kesetiaannya pada kawanan tak tergoyahkan.

Psy Changeling World

Serial ini bersetting di masa depan, dimana tiga ras dominan hidup berdampingan. Psy, changeling, dan manusia. Psy, dengan benak super dan ketiadaan emosi mereka menguasai dunia bisnis dan pemerintahan, mengungguli manusia dan changeling yang sangat terpengaruh oleh emosi mereka. Psy dan changeling yang bertolak belakang tidak pernah benar-benar akur. Mereka sering bersitegang dan selalu mencurigai satu sama lain.

Psy
Psy merupakan ras yang memiliki kekuatan mental besar. Masing-masing memiliki kemampuan psikis yang berbeda; mulai dari telepati, telekinesis, psikometri, sampai yang bersifat ofensif seperti infeksi mental. Posisi seorang Psy dalam hierarki ras ditentukan berdasar jenis dan nilai gradien kemampuan psikisnya, dengan para kardinal (Psy dengan nilai gradien melebihi skala) di puncak kekuasaan yang disebut Dewan.Ras Psy hidup dengan energi pikiran kolektif yang saling terhubung dan menduplikasi dalam jaringan PsyNet. Sistem PsyNet memungkinkan para Psy berkomunikasi secara telepatis dan menjalani hidup non fisik. Yang menjadi masalah, kehebatan mental Psy ternyata juga membuat mereka rentan terhadap kelainan jiwa. Pada satu masa, banyak Psy yang tak mampu mengendalikan psikis mereka dan berubah menjadi gila atau psikopat. Tingkat kegilaan dan pembunuhan berantai dalam populasi Psy memuncak hingga akhirnya Dewan Psy mencanangkan Keheningan; suatu program pelatihan ketat dan kejam yang bertujuan untuk memusnahkan semua emosi dalam diri Psy sejak dini, sehingga ketidakstabilan mental bisa dihindari. Puluhan tahun setelah Keheningan berjalan, para Psy telah belajar untuk membangun perisai mental kokoh yang mencegah emosi mereka muncul. Kini mereka dikenal sebagai ras yang tak beremosi, logis, praktis, dengan efisiensi nyaris sempurna.

Changeling
Changeling adalah ras manusia yang memiliki kemampuan bertransformasi menjadi binatang tertentu. Mereka hidup dalam kawanan dan berbeda dengan Psy, sangat dipengaruhi emosi dan naluri binatang serta mengutamakan interaksi fisik. Changeling umumnya memiliki kebutuhan berpasangan dengan satu orang saja selama hidup mereka (seperti imprint werewolf di Twilight). Dalam buku ini, kisahnya berfokus pada kaum DarkRiver, kawanan changeling macan tutul. Tampuk kekuasaan DarkRiver berada pada changeling terkuat yang disebut alfa beserta para sentinel yang kesemuanya terikat sumpah darah.

1 Poin Untuk:

check signGood Story/Idea

cross signGood writing style

cross signWell-developed characters

cross signAdditional information/message

Level of Interest

heart rate42

Aku adalah pecinta historical romance, dan paranormal romance..hmm..is not my thing. Hanya ada lima seri PNR yang pernah kubaca, dan yang cukup kunikmati cuma Guardians of Eternity. Meskipun begitu tetap saja selalu ada yang kurang pas dalam PNR bagi seleraku. Tapi sepertinya aku harus mulai mengubah pandanganku tentang PNR karena serial ini. Aku terkesan dengan Psy-changeling yang kurasa perpaduan antara fantasi dan sci-fi ini, terutama pada world settingnya yang futuristik.

Tentu saja, world building yang keren ini sudah cukup untuk mengembangkan ide cerita sedemikian rupa hingga menjadi kisah romance antar ras yang menarik. Star crossed lovers yang kali ini bukan vampir/werewolf/fallen angel dengan manusia, tapi makhluk psikis yang anti emosi dengan makhluk fisik yang sangat mengagungkan emosi. Bisa dibayangkan bagaimana chemistry akan terbentuk.

Dari segi penokohan, aku tak punya kesan khusus terhadap hero-heroinenya, meskipun keduanya likeable. Dan syukurlah si hero memiliki nama ancient yang elegan, bukan nama konyol seperti Patch atau Zsadist (sorry, BDB and Hush Hush lovers. Hehehe..). Sebenarnya yang lebih menarik perhatian di dalam buku ini justru karakter sampingan seperti Kit si calon alfa yang meledak-ledak, Dorian yang tak bisa berubah wujud, dan Hawke sang alfa kawanan SnowDancer. Aku menantikan cerita mereka di buku-buku selanjutnya.

Kekurangan Nalini Singh di sini cuma satu, penekanan terhadap sifat Psy yang terlalu repetitif. Mungkin ada puluhan kalimat “Seorang Psy tidak…” atau “Seorang Psy seharusnya…”. Tak perlu diingat berkali-kali seperti itu pun pembaca sudah paham kalau Sascha Psy dan seharusnya ia tidak memiliki emosi.

Advertisements

About tantri06

30 Years old daydreamer. Still trying to improve my bad writing skill and poor english.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s